>Oleh-oleh: Bir Pletok

>

Bagi anda yang tinggal di daerah dengan nuansa betawi, mungkin tidak asing dengan minuman yang satu ini, tapi mungkin juga masih ada yang tidak tahu akan minuman ini.
Minuman yang saya maksud disini adalah bir pletok

Bir pletok adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah-rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.

Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Begitu kata wikipedia.

Lalu, bagaimana asal-usul hadirnya minuman ini dan mengapa diberi nama bir ?

Konon,Pada jaman penjajahan Belanda di Indonesia, saat malam hari para tentara Belanda mempunyai kebiasaan meminum Bir untuk menghangatkan diri. Nah untuk menyaingi kebiasaan tersebut penduduk Betawi yang sebagian besar Muslim dan haram untuk meminum alkohol lalu membuat minuman non alkohol yang mempunyai fungsi sama yaitu menghangatkan tubuh.Kemudian terciptalah ramuan tradisional dan berkhasiat ini yang dapat diminum hangat maupun dingin. Kenapa Namanya Bir Pletok ??? Bir = Tujuan utamanya memang untuk menyaingi Bir yang diminum tentara Belanda , Pletok sendiri karena pada saat mereka mencampur dengan es batu di dalam gelas bambu memang bunyinya “PLETOK”. Apakah memang begini sejarahnya.? tentunya masih harus dipelajari dan diteliti lebih lanjut lagi oleh ahli sejarah.

Nah.. kami, selain menyediakan berbagai macam souvenir juga menyediakan oleh-oleh khas dari daerah ini dengan tujuan untuk melestarikan budaya dan mengenalkannya kepada masyarakat umum yang belum mengenal dan merasakan rasa dan aroma dari bir pletok yang luarr biasa dan sayang untuk dilewatkan.

Bagaimana, anda berminat..? silakan email atau sms kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s